Mawar menjadi salah satu bunga yang sering dijadikan buket pernikahan dan diberikan kepada seseorang sebagai ungkapan perasaan. Bunga mawar bisa dijadikan sebuah lambang kebahagiaan sekaligus kesedihan. Sudahkah kamu tahu fakta unik tentang bunga berduri ini?


1. Ada Pesan di Setiap Warna Bunga Mawar


Pada dunia florist, setiap warna mawar memang memiliki arti yang berbeda. Itulah mengapa biasanya kamu ditanya untuk siapa mawar akan diberikan. Mawar kuning memiliki arti pertemanan dan kegembiraan. Bisa untuk mengungkapkan kebahagian atas suatu pencapaian atau menghibur yang sedang galau. Merah muda memberikan kesan kebahagiaan dan kekaguman. Sedangkan mawar merah, apalagi kalau bukan melambangkan cinta & kasih sayang. Kamu bisa mengungkapkan cintamu pada seseorang dengan mawar merah.

Arti Warna Bunga Mawar - Bunga Nusantara


Sebagai tanda permintaan maaf kepada orang, bisa ungkapkan melalui mawar putih. Hampir sama dengan mawar merah, mawar ungu adalah simbol cinta pada pandangan pertama. Mawar warna peach menunjukkan kecantikan abadi. Jadi, jangan salah lagi memilih warna bunga mawar, ya guys!

2. Bunga Mawar Dengan 4 Kelopak

Rosa Sericea

Lebih dari seratus spesies bunga mawar yang ada dunia, hampir semua memiliki lima kelopak. Tapi, ada satu jenis bunga mawar dengan hanya empat kelopak saja, yaitu spesies Rosa Sericea. Karena perbedaan jumlah kelopaknya inilah yang membuat Rosa Sericea tidak terlihat seperti mawar. Spesies mawar empat kelopak merupakan endemik di Nepal, Bhutan, India, Myanmar dan Tiongkok. Jadi, kalau ingin melihat secara langsung, kamu bisa menuju negara tersebut.

3. Arti Jumlah Tangkai Dari Bunga Mawar

Arti Tangkai Bunga Mawar


Tak hanya warna, jumlah tangkai bunga mawar dalam satu buket, mengungkapkan pesan yang berbeda-beda. Umumnya jumlah tangkai ini dimaksudkan untuk mengatakan pesan secara personal kepada orang yang dituju. Saat mendapat kiriman bunga warna, boleh lho iseng-iseng menghitung jumlah tangkainya. Siapa tahu, itu merupakan pesan rahasia.

Satu tangkai mawar memiliki arti bahwa kamu adalah satu-satunya orang yang dicinta. Tiga tangkai mawar menyatakan "aku cinta kamu". Tiga belas mawar mengatakan "aku pemuja rahasiamu". Lima belas tangkai bunga mawar mengirimkan pesan "penyesalan dan kata maaf".

4. Bunga Mawar Bisa Berbuah

Buah Bunga Mawar


Fakta unik yang satu ini pasti membuatmu terkejut. Bunga mawar yang selama ini terkenal karena keindahannya ternyata bisa menghasilkan buah. Buah dari mawar disebut dengan rose hips atau rose haws. Bentuknya mirip seperti beri dengan warna merah, ungu tua, atau bahkan hitam. Vitamin C dalam buah yang dihasilkan tanaman cukup tinggi sehingga tak jarang diolah menjadi jeli, selai, dan dikeringkan untuk teh.

5. Bunga Nasional Dari Beberapa Negara

War of Roses


Karena memiliki banyak jenis, bunga mawar dijadikan sebagai bunga nasional untuk beberapa negara di dunia. Misalnya saja Inggris yang menjadikan mawar jenis tudor sebagai bunga nasionalnya. Mawar juga sekaligus menjadi lambing dari dua kubu yang berperang dalam War of the Roses yang terjadi di Inggris pada tahun 1455 hingga 1485. Mawar merah adalah lambang kubu Lancaster, sedangkan mawar putih untuk kubu Yorkshire. New York, Georgia, North Dakota, dan Lowa juga menjadikan mawar bunga nasionalnya.

Buat kamu yang sedang mencari buket bunga mawar untuk segala acara mulai dari ulang tahun, pernikahan, wisuda, bisa kunjungi langsung Bunga Nusantara melalui websitenya www.bunganusantara.com. Jaminan bunga fresh, dirangkai oleh florist jakarta terbaik. Dapatkan pengiriman di hari yang sama dengan pemesanan sebelum jam 13.00 WIB di hari Senin hingga Sabtu.