Kalender adalah salah satu komponen penting saat dirumah ataupun dikantor. Keberadaan kalender tentunya harus diletakan dalam kondisi yang mudah terlihat oleh orang-orang. Beberapa orang juga lebih senang untuk menggunakan jenis kalender untuk meja. Karena jauh lebih estetik dan mudah untuk dilihat.

Tidak jarang hal tersebut membuat perusahaan yang membutuhkan merchandise akhir tahun memilih untuk membuat kalender meja daripada kalender dinding. Kalender meja dan kalender dinding dalam dunia percetakan memiliki perbedaan khusus, terutama dalam hal penggunaan kertas.

Kertas yang digunakan untuk kalender meja juga bervariasi, tentunya memiliki karakteristik dan kelebihan masing-masing. Kali ini kita akan membongkat seputar jenis kertas untuk produksi kalender meja. Berikut adalah berbagai jenis kertas yang biasa digunakan untuk memproduksi kelander meja. 

1. Linen Jepang

Kertas linen jepang memiliki permukaan yang kasar dan dapat dengan mudah ditulis dengan tangan tanpa menyebabkan tinta menggumpal. Karakteristik utama dari kertas linen jepang adalah memiliki bentuk yang menyerupai kanvas serta permukaan yang sedikit terangkat. Warna yang dihasilkan dari kertas linen jepang lebi redup.

Warna kertas yang redup sangat cocok digunakan untuk Anda yang ingin menghasilkan kalender dengan kesan yang klasik. Kertas linen akan memberikan nuansa yang tenang ketika diletakan diatas meja. Kertas linen jepang memiliki harga yang tergolong mahal jika dibandingkan dengan kertas yang lain. Hal tersebut karena kertas linen jepang memiliki kualitas dan nuansa yang tenang. Sangat cocok diproduksi untuk kebutuhan kalender sebagai merchandise untuk perusahaan kolega.

2. Concorde

Concorde termasuk jenis kertas kalender yang memiliki banyak peminat. Tekstur kertas dari concorde adalah kasar dan memiliki serat garis yang keras dan sedikit timbul tetapi tampak tidak beraturan. Tekstur tersebutlah yang membuat kertas concorde banyak diminati. Apalagi untuk memproduksi kalender meja dengan desain yang berwarna.

Kalender concorde tersedia dalam banyak varian warna dan memiliki gramasi kertas yaitu 220gsm. Namun jika membutuhkan kertas concorde untuk kebutuhan kalender sebaiknya gunakan warna putih. Jika ingin menggunakan warna latar, sebaiknya ditambahkan pada saat membuat desain grafis. 

3. BW Carton

Kertas BW Carton dapat menjadi pilihan yang teapat untuk Anda yang ingin membuat kalender disertai dengan kebutuhan memo. Hal tersebut karena BW carton memiliki tekstur permukaan yang mudah menyerap tinta dan sangat cocok digunakan untuk menulis. Walaupun sekilas permukaan dari kertas BW menyerupai kertas art namun permukaan BW lebih memiliki warna yang redup.

4. Art Carton

Art carton adalah jenis kertas dengan tekstur yang cukup keras dan memiliki permukaan yang licin dan mengkilap. Kertas art sangat cocok digunakan untuk produksi kalender, namun tidak cocok untuk membuat coretan tinta pada kertas tersebut. Artinya anda akan kesulitan menulis sesuatu pada permukaan kertas art karena permukaannya tidak mudah untuk menyerap air.

Kertas art memiliki gramasi yang bervariasi, mulai dari 210gsm, 260gsm, dan 310gsm.
Harga dari kertas art juga relative lebih murah jika dibandingkan dengan kertas lain, sehingga sangat cocok digunakan untuk memproduksi kalender meja dalam jumlah yang banyak.

Itulah informasi seputar jenis kertas yang digunakan untuk kebutuhan kalender meja. Anda dapat mencetak kalender meja dengan kertas yang ada inginkan, umumnya perusahaan percetakan menyediakan variasi jenis kertas tersebut. Salah satu percetakan yang lengkap memberikan hasil cetakan yang bagus adalah Maucetak.com yang berlokasi di Jakarta. Namun pelayanan yang diberikan dapat untuk pengiriman luar pulau jawa.