katalog produk berkualitas

Pemilihan kertas untuk pembuatan sebuah katalog tentu begitu penting untuk dipertimbangkan dengan baik.

Bahan ini nantinya akan menjadi media print dalam desain buku produk yang sudah dibuat, sehingga kualitasnya juga ikut memengaruhi bagaimana hasil tampilan akhirnya nanti.

Pada sebuah jasa percetakan tentunya ada beragam jenis kertas disediakan untuk bisa Anda pertimbangkan dengan baik.

Masing-masing jenis tersebut memiliki fungsi dan keunggulannya sendiri, sehingga Anda perlu memahaminya agar dapat lebih mudah menentukan jenis kertas terbaik untuk buku produk.

Berbagai penyesuaian dengan kebutuhan Anda juga bisa dilakukan sebagai bahan pertimbangan tambahan ketika memilih bahan tersebut.

Tentunya hal ini baru bisa dilakukan setelah Anda dapat membedakan antara karakteristik jenis kertas satu dengan lainnya.

Menyesuaikan Kebutuhan Kertas untuk Katalog

kebutuhan kertas katalog produk

Dalam membuat sebuah katalog jenis kertas dari bagian paling penting yang akan membuat hasilnya jadi semakin optimal saat dilihat oleh para calon konsumen.

Oleh karena itu, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh bahan tersebut sebelum Anda tentukan sebagai bahan dari pembuatan buku produk.

Ketebalan kertasnya harus diperhatikan agar tidak terlalu tipis, tentunya berkaitan juga dengan kualitasnya agar dapat digunakan lebih lama dan tidak mudah robek.

Selain itu, permukaannya yang mengkilap biasanya juga akan membuat produk Anda terkesan lebih eksklusif sehingga menarik perhatian calon konsumen saat melihatnya.

Di bagian cover Anda bisa memilih kertas dengan ketebalan lebih dari lainnya agar dapat melindungi bagian lembaran buku produk di dalam.

Tambahan penjilidan yang tepat akan mendukung buku produk ini tidak hanya memiliki kualitas terbaik, tetapi agar dapat bertahan lebih lama dengan kualitas tidak menurun.

Anda bisa menyesuaikan pemilihan bahan ini juga dengan kesan yang ingin dimunculkan dari setiap produk.

Jika memang produk yang ingin dijual lebih eksklusif maka sudah tentu tidak bisa membuat katalog dengan pemilihan kertas dan kualitas yang biasa saja, tetapi Anda harus mempertimbangkan dan menyesuaikan hal tersebut sebaik mungkin.

Pilihan Kertas yang Perlu Diperhatikan

pilih kertas sesuai kebutuhan

Pihak percetakan tentunya sudah menyediakan berbagai jenis kertas untuk membuat katalog Anda jadi semakin menarik.

Jadi nantinya dapat menanyakan terlebih dahulu pilihan tersebut dan melihat perbedaan karakteristiknya, baru kemudian memutuskan mana yang lebih sesuai untuk buku produk Anda tentunya.

  1. Art paper jadi salah satu jenis kertas yang banyak dipilih untuk buku produk. Meskipun tidak terlalu tebal, tetapi cocok untuk menampilkan desain dengan detail optimal apalagi dengan tambahan kesan lebih eksklusif nantinya.
  2. Art carton adalah yang paling banyak digunakan pada bagian cover karena memiliki pilihan ketebalan lebih beragam. Ciri khasnya adalah halus, mengkilap, licin, dan memang tebal.
  3. Bahan linen bisa jadi pilihan selanjutnya karena permukaan mengkilap, tetapi harganya juga tidak terlalu mahal untuk didapatkan. Dengan begitu kesan pada buku produk Anda akan tergambar optimal menggunakan jenis kertas ini.

Dari beragam jenis kertas tersebut tentunya Anda sudah bisa terbayang akan menggunakan yang mana.

Semuanya memang cocok digunakan untuk membuat buku produk eksklusif, sehingga nantinya penjualan Anda juga bisa lebih optimal karena tampilan menariknya tentu saja.

Setiap jenis memang biasanya juga memiliki variasi berbeda mulai dari warna, tekstur, hingga ketebalan.

Anda bisa melakukan penyesuaian kembali untuk menentukan pilihan terbaik nantinya dari banyaknya varian yang ada pada pilihan kertas tersebut.

Jika Anda bingung maka bisa coba komunikasikan dengan pihak percetakan.

Dengan begitu nantinya akan lebih mudah dalam melakukan pertimbangan kertas paling tepat saat cetak katalog produk dengan bantuan jasa percetakan tersebut.