Wednesday, 19 June 2019

Kulit Kering Dan Jerawat, Atasi Dengan Bunga Calendula

Kulit Kering Dan Jerawat, Atasi Dengan Bunga Calendula

Bersifat Menenangkan Tubuh Dan Kulit

Kelopak dan ekstrak Calendula mengandung saponin, flavonoid dan polisakarida, yang dikenal mampu menenangkan kulit. Karena itulah Calendula biasa dimanfaatkan dalam bentuk teh yang bisa Anda minum untuk memperoleh khasiatnya. Selain memberi rasa rileks pada kulit, tanaman ini juga mampu mengatasi perut yang terasa nyeri atau asam urat. Dengan sifat menenangkannya, minyak bunga Calendula juga biasa digunakan sebagai aromaterapi. Anda bisa menyampurkan minyak calendula dengan balsam agar efek pengurangan rasa sakitnya bekerja lebih cepat. Karena memiliki sifat menenangkan, minyak bunga Calendula juga biasa digunakan sebagai aromaterapi.

Bunga Calendula
Gambar : Bunga Calendula

Mengatasi Infeksi Kulit

Saat bayi menggunakan popok, biasanya sering terjadi ruam. Minyak bunga Calendula bisa digunakan untuk menyembuhkannya. Selain itu, minyak bunga Calendula juga dapat melembabkan kulit yang kering dan pecah-pecah.

Anti Inflamasi

Calendula kaya akan vitamin serta senyawa seperti sterol, beta karoten, polisakarida, dan karetonoid. Tumbuhan yang banyak ditemukan di wilayah Asia Selatan, Mediteranian serta Eropa Barat ini juga memiliki sifat anti inflamasi yang sangat kuat sehingga cocok digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti bengkak serta peradangan pada bagian tubuh. Jika kulit mengalami memar, varises atau keseleo, coba manfaatkan minyak calendula sebagai pengobatan.
Jika kulit Anda mengalami peradangan, coba gunakan minyak bunga Calendula untuk mengatasinya. Selain itu, minyak bunga Calendula juga bermanfaat untuk mengatasi pembengkakan otot, memar dan terkilir.

Memiliki fungsi Anti-Aging

Teh Calendula dapat membantu produksi kolagen yang memiliki fungsi anti-aging. Kandungan anti-oksidan yang tinggi membuat Calendula jadi salah satu tumbuhan yang banyak digunakan produk perawatan kulit untuk mengatasi berbagai masalah penuaan dini seperti kerutan dan garis halus. Selain menunda penuaan dini, the Calendula dengan fungsi antiseptiknya juga dapat mengatasi jerawat.

Cocok untuk semua jenis kulit

Saat disajikan sebagai minyak esensial, Calendula memiliki tekstur yang ringan dan mudah menyerap, sehingga cocok digunakan untuk berbagai jenis kulit seperti berminyak hingga sensitif. Jika kulit terasa kering dan bersisik, minyak ekstrak ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki tekstur kulit jadi lebih lembut.

Mampu Menangkal Sel Kanker

Kandungan anti-oksidan yang terdapat pada tanaman Calendula terbukti mampu mencegah dan menangkal sel kanker. Hal ini dibuktikan melalui penelitian The Journal of Nutrition, para peneliti dari Washington State University menganalisa hasil lutien atau antioksidan yang terdapat pada Calendula. Ditemukan fakta bahwa kandungan ini dapat meredam jumlah sel tumor sekaligus mencegah sel tumor baru datang lagi. Selain itu kandungan anti-oksidan pada Calendula juga mampu melawan sel kanker usus besar, leukimia dan melanoma.

Bersifat Anti-Bakteri dan Ampuh Mengatasi Luka

Tak hanya antioksidan, Calendula juga bersifat antiseptik dan antimikroba yang efektif dalam mengatasi luka ringan hingga luka terbuka. Kandungan pada Calendula sudah terbukti mampu mempercepat proses penyembuhan jaringan kulit. Anda yang memiliki masalah kulit seperti eksema, dermatitis serta psoriasis bisa melirik tanaman ini sebagai obat alami.


  Source: wanitaindonesia.co.id
Disqus Comments