Saat ini di era industri 4.0, harus ditunjang juga dengan mobilitas pemilik bisnis. Bisnis online atau e-commerce yang semakin menjamur dan diminati di era ini.
Pemilik bisnis online memenuhi permintaan pasar online terus saja meningkat, dan harus mempromosikan serta mengirimkan produknya dalam baik skala nasional hingga ke pelosok, maupun internasional.
Dalam menjalakan layanan pengirimannya, ada banyak pilihan jasa dari perusahaan ekspedisi pengiriman barang di Indonesia, seperti Kargo yang merupakan pengiriman barang dalam jumlah besar dan bersifat Port to Port seperti Indah Cargo, Angkasa Kargo, dll, maupun jenis pengiriman ekspedisi express yang sifatnya Door to Door seperti Lion Parcel, JNE dan J&T dan lain-lain. Meskipun sudah memiliki popularitas, sebagai pelaku bisnis online tentu harus tetap jeli dalam memilih jasa pengiriman barang. Supaya kita tak perlu khawatir barang produksi hilang di jalan atau rusak pada saat pengiriman.
Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat memilih jasa pengiriman barang online yang terbaik :
1. Pilih perusahaan pengiriman barang yang sudah memiliki legalitas izin usaha
Ini cukup penting karena Legalitas Izin Usaha dapat menjamin bahwa barang para konsumen terjamin keamanannya, selain itu juga perusahaan tersebut mematuhi peraturan pengiriman barang sehingga tidak membuat konsumen khawatir atas barang kirimannya.
2. Memilih jasa pengiriman spesialis rute yang dipilih
Tidak seluruh perusahaan ekspedisi pengiriman barang memiliki keterampilan dalam pengiriman barang sesuai dengan rute yang telah kita pilih. Mereka memiliki batasan pengiriman, antar kota, antar pulau, antar provinsi atau hingga ke pelosok. Biasanya, perusahaan ekspedisi yang sudah populer memiliki banyak rute yang dapat dipilih. Perusahaan seperti inilah yang seharusnya kita gunakan.
Lion parcel Bandung merupakan layanan ekspedisi yang menjangkau hingga ke seluruh pelosok Indonesia.
3. Ekspedisi dengan harga yang terjangkau tapi tidak murahan.
Harga memang merupakan indikator layanan yang cukup baik, layanan yang baik biasanya memiliki harga yang sesuai. Tapi, ekspedisi perusahaan yang memiliki pelayanan terbaik akan tetap menjaga keseimbangan standar harga yang ditawarkan. Semua karena masalah tanggung jawab. Harga pengiriman menggunakan lion parcel sangat terjangkau ditambah dengan diskon yang diberikan oleh agen. Dengan harga yang sangat terjangkau, lion parcel tetap dapat memberikan layanan yang sangat baik.
4. Perhatikan waktu atau estimasi pengiriman
Seluruh perusahaan ekspedisi pengiriman barang akan menampilkan estimasi pengiriman barang sampai berapa hari. Tapi, tidak semuanya akan memenuhi janji tersebut. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan oleh kita sebagai pengirim barang. Salah satunya adalah kapan kita memesan jasa pengiriman tersebut. Jangan gunakan jasa pengiriman barang pada waktu yang kurang tepat, seperti hari libur, hari besar, hari nasional dan hari-hari besar lainnya. Karena waktu-waktu yang seperti inilah ekspedisi pengiriman akan mengalami overload shipment atau pengiriman barang berjumlah sangat banyak.
5. Menyediakan fitur cek resi untuk tracking pengiriman
Ekspedisi pengiriman barang terbaik adalah ekspedisi yang memiliki fitur cek resi menggunakan aplikasi berbasis website maupun mobile. Fitur cek resi ini dapat digunakan untuk melakukan monitoring terhadap barang kiriman secara real time. Apabila ekspedisi pengiriman barang tidak memiliki fitur yang satu ini, maka dapat dipastikan perusahaan tersebut tidak memiliki fasilitas layanan yang bagus.
6. Memiliki banyak armada sendiri
Ada banyak jenis armada yang biasa digunakan oleh perusahaan ekspedisi untuk melakukan pengiriman barang, seperti truk engkel, mobil pick up, truk cdd, truk fuso, container dan lain-lain. Selain itu ada beberapa opsi yang ditawarkan dalam pengiriman. misalnya melalui jalur darat baik truk maupun kereta, juga pilihan melalui jalur udara. Saat ini perusahaan ekspedisi yang sudah memilihi armada sendiri adalah Lion Parcel, mereka menggunakan armada sendiri untuk pengiriman ekspedisinya bekerja sama dengan Lion Group untuk jalur udara, dan menawarkan layanan melalui jalur darat yaitu menggunakan kereta api bekerjasama dengan KA Log