12 July 2019

Perlu kalian ketahui bahwasanya manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh dan kulit ternyata banyak sekali, loh! Vitamin C sendiri kerap disebut dengan asam askorbat dan tergolong vitamin yang larut di dalam air serta tidak bisa diproduksi oleh tubuh kita.

Selain itu, jenis vitamin ini termasuk dalam kategori yang mudah kalian temukan, entah itu bersumber dari asupan makanan atau bahkan bisa pula berwujud dalam bentuk suplemen.



Buah-buahan dan sayuran seperti kiwi, mangga, jeruk, brokoli, dan cabai merupakan sumber vitamin yang paling dikenali oleh masyarakat kita.

Sedangkan untuk suplemen vitamin C sendiri juga banyak beredar di apotek dalam bentuk tablet hisap dan kunyah, atau bisa juga tablet yang dilarutkan di dalam air.

Manfaat vitamin C ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga serta membantu kinerja organ-organ di dalam tubuh.

Selain itu, vitamin C juga memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

Apakah kalian ingin tahu mengenai manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh dan kulit?

Berikut ini kami akan jabarkan beberapa manfaat vitamin C yang perlu sahabat ketahui.

8 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

1. Menjaga Kesehatan Mata



Memang tak bisa kita pungkiri bahwa organ mata amat memerlukan vitamin A untuk menjaga kesehatannya.

Akan tetapi, vitamin C memiliki peran yang tak kalah krusial untuk kesehatan mata kita, yaitu berguna dalam mencegah penyakit katarak, tumor, dan rabun mata, loh!

2. Melawan Sel Kanker



Manfaat utama dari vitamin C yaitu berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia, karena di dalamnya terkandung antioksidan.

Kandungan antioksidan yang tersimpan dalam vitamin C sendiri dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, bahan kimia yang mengandung racun, dan polutan seperti asap rokok.

Selain itu, antioksidan juga dapat menyerap zat besi untuk melawan sel kanker dan beberapa penyakit lainnya.

3. Menurunkan Risiko Serangan Jantung



Merujuk pada World Health Organization (WHO), serangan jantung adalah penyakit pembunuh nomor satu di dunia.

Serangan jantung atau Aterosklerosis dapat terjadi karena adanya penebalan ataupun penyempitan arteri karena plak yang menumpuk pada bagian dinding arteri.

Dengan mengonsumsi vitamin C secara rutin diyakini dapat membantu mengurangi penebalan pada pembuluh darah arteri di jantung.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh



Vitamin C mampu mencegah seseorang terkena pilek yang kerap dikhawatirkan menjadi komplikasi yang lebih serius, seperti pilek kronis yang berpotensi dapat menginfeksi saluran pernapasan.

Selain itu, vitamin C juga memiliki peran penting dalam membantu proses penyerapan zat besi yang terkandung dalam makanan.

Peran tersebut bisa membantu sistem kekebalan tubuh supaya bekerja lebih optimal dan bisa juga mencegah beberapa serangan penyakit lainnya.

5. Memperbaiki Jaringan Sel Kulit



Untuk menangkal radikal bebas yang berpotensi dapat merusak jaringan sel kulit antioksidan sangatlah dibutuhkan.

Radikal bebas tersebut diantaranya seperti polusi udara, paparan sinar matahari yang berlebih, dan toksin yang tersimpan di dalam makanan merupakan musuh utama bagi kesehatan kulit kita.

Sahabat sekalian tidak perlu cemas mengenai cara menangkal radikal bebas yang dapat mengancam kesehatan kulit kita.

Pasalnya vitamin C mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan dapat memperbaiki jaringan sel pada kulit.

6. Menyembuhkan Peradangan Kulit



Tak jarang vitamin C sering dipakai untuk formula antiinflamasi.

Bahkan, vitamin ini mempunyai khasiat yang dapat melampaui kapasitasnya sebagai antioksidan antiinflamasi dalam lingkungan patologis.

Nutrisi ini mempunyai peran yang begitu penting dalam hal merawat peradangan kulit serta memelihara struktur epidermis kulit.

7. Mencegah Penuaan Dini



Berdasarkan sebuah studi yang pernah dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition yaitu meneliti hubungan antara nutrisi dan penuaan kulit pada 4025 wanita yang berusia 40 - 74 tahun.

Hasil dari penelitian tersebut menyatakan bahwa asupan vitamin C yang lebih tinggi dapat mengatasi berbagai masalah kulit, seperti:

  • Keriput
  • Kulit kering dan
  • Penuaan kulit.

Hal itu dapat terjadi karena vitamin C dapat membantu tubuh dalam memproduksi kolagen atau sebuah protein yang amat diperlukan untuk:

  • Mencegah keriput
  • Mencegah Penuaan
  • Menyembuhkan luka
  • Mencerahkan kulit

8. Memperbaiki Mood




Apakah kamu salah satu diantara orang yang kerap mengalami khawatir dan cepat gelisah?

Vitamin yang tersimpan di dalam buah dan sayuran serta suplemen terbukti sangat ampuh dalam menjaga serta meningkatkan mood kamu, loh!


Jadi itulah pembahasan mengenai manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh dan kulit yang wajib kalian ketahui.

Semoga artikel ini dapat membantu serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar kesehatan hanya di DirectT raffic, ya!