Kue mochi dikenal sebagai jajanan khas Jepang yang terbuat dari tepung ketan yang didalamnya terdapat isian kacang tanah. Mochi sendiri telah masuk ke Indonesia sejak zaman penjajahan Jepang di Hindia Belanda, salah satunya di daerah Sukabumi. Keunikan cara membuat mochi Sukabumi yakni bagian dalamnya terdapat isian yang beragam.

Cara membuat mochi Sukabumi

Pembuatan mochi Sukabumi bisa dikatakan susah susah gampang. Agar menghasilkan rasa yang enak, takaran bahan dan metode pembuatan mochi harus pas. Kamu bisa membuatnya dirumah dengan panduan resep dan caramembuat mochi Sukabumi. Untuk lebih jelasnya, mari simak langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut.

A.      Bahan Mochi Sukabumi

Sebelum beraksi, kamu wajib menyediakan bahan-bahan untuk membuat kue mochi Sukabumi. Bahan untuk membuat kue mochi terdiri dari bahan kulit dan bahan isian. Berikut bahan-bahan untuk membuat kulit mochi Sukabumi :

-       250 gram tepung ketan

-       10 gram tepung terigu

-       ½ sendok teh garam

-       300 ml santan sedang

Selanjutnya adalah bahan isian mochi yang akan kita balut dengan kulit mochi. Karena banyaknya aneka jenis isian, kali ini kita memilih jenis isian kacang tanah yang masih menjadi ciri khas mochi Sukabumi. Berikut bahan isian mochinya :

-       100 gram kacang tanah yang telah disangrai (dikupas kulit arinya dan diuleg secara kasar)

-       3 sendok makan gula pasir

-       100 gram tepung maizena yang disangrai

B.      Langkah Membuat Mochi Sukabumi

Setelah bahan-bahan kulit dan isian mochi siap, maka selanjutnya kamu bisa langsung memulai cara membuat mochi Sukabumi. Perhatikan dengan seksama selangkah demi selangkah pembuatan mochi khas Sukabumi agar hasilnya enak. Berikut langkah-langkahnya :

1.     Pertama kamu bisa membuat kulit mochinya terlebih dahulu. Caranya dengan mencampurkan seluruh bahan-bahan kulit mochi dan aduk hingga merata. Jangan sampai ada tepung yang masih bergerindil.

2.     Kemudian kamu bisa memindahkan adonan kulit mochi ke wadah yang tahan panas untuk dilanjutkan ke proses pengukusan.

3.     Kukus campuran bahan kulit mochi tadi hingga matang dengan waktu sekitar 30 menit saja. tanda adonan kulit mochi matang yakni berubah menjadi bening dan kenyal.

4.     Setelah 30 menit, kamu bisa mengangkatnya. Kemudian lanjutkan dengan proses menguleni adonan kulit mochi hingga kalis. Kamu bisa menggunakan bantuan mixer ataupun spatula.

5.     Jika sudah kalis, kamu bisa mulai mengisi adonan kulit dengan isian kacang. Sebelumnya, isian kacang tadi harus ditumbuk terlebih dahulu dan campurkan dengan gula pasir dan tepung maizena.

6.     Buat kue mochi dengan membentuknya bulat bulat dan diisi dengan isian hingga adonan habis.

7.     Selesai.

C.      Beli Mochi Sukabumi

Jika kamu kesusahan membuat mochi Sukabumi sendiri di rumah, kini kamu bisa membelinya di tempat penjualan kue. Tepatnya ada di Bakery & Cakes Boluamor yang membuka gerainya di Jalan Jendral Sudirman No. 36 kota Sukabumi. Selain itu, gerai lainnya ada di Cikole Sukabumi, Bogor Utara, dan Bogor Barat.

Hanya di Boluamor, kamu bisa menemukan kue mochi khas Sukabumi dengan beraneka rasa isiannya. Untuk update informasi menu aneka kue, promo dan pemesanan, kamu bisa mengunjungi websitenya di boluamor.co.id atau instagramnya di @boluamor.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat mochi Sukabumi sederhana. kamu bisa membuat mochi khas Sukabumi sebagai bahan eksperimenmu. Solusi lainnya, kamu juga bisa membeli kue mochi hanya di Bakery & Cakes Boluamor yang gerainya beroperasi di sekitar kota Sukabumi dan Bogor, Jawa Barat.